Stres kerja adalah tanggapan atau respon individu ketika dihadapkan dengan tuntutan dan tekanan pekerjaan:
- yang tidak sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dan
- yang menantang kemampuan individu untuk mengatasinya.
Stres kerja timbul sebagai akibat persepsi dan penilaian individu terhadap potensi bahaya dari suatu stimulus atau stresor atau faktor risiko psikososial di tempat kerja.
Beberapa faktor risiko psikososial di tempat kerja:
- Beban kerja yang berlebihan
- Konflik dengan rekan kerja atau atasan
- Kekurangan kontrol atau kekuasaan dalam pekerjaan
- Ketidakpastian
- Lingkungan kerja
- Keterbatasan sumber daya untuk menyelesaikan tugas,
- Kelelahan emosional akibat tugas-tugas yang menuntut emosi
Keberadaan faktor risiko psikososial di tempat kerja tidak otomatis menimbulkan stres kerja.
Stres kerja muncul sepenuhnya dari persepsi individu (baik akurat atau tidak akurat) dari hubungan individu dengan lingkunganya. Persepsi individu ini melibatkan:
- penilaian faktor risiko psikososial yang ada dan
- penilaian kecukupan sumber daya koping
Ketidakseimbangan ini memunculkan pengalaman stres dan respons stres. Persepsi ancaman muncul ketika tuntutan yang dikenakan pada individu dinilai melebihi kemampuannya untuk mengatasi tuntutan tersebut. Pengalaman stres dan respons stres yang timbul mungkin bersifat fisiologis dan/atau perilaku.
Komentar
Posting Komentar